“DIAN PELANGI“



Namaaslidari Dian Pelangiadalah Dian WahyuUtami, iamerupakansalahsatuperancangbusanakelasatas di Indonesia. Dian Pelangiadalahdesainerutama Dian Pelangi Company, salahsatuperusahaanbusanamuslimterkemuka di Indonesia. Lahir di Palembang padatahun 1991.
Pendidikan Dian Pelangiyaitu:
ò  TK IkalDolog di Palembag
ò   SD MI 2 di Palembang,
ò  SMP InsanKamil, Ponpes Al-Ihya Bogor
ò   SMK Negeri 1 Pekalongan
ò  EcoleSuperieur des Arts et Techniques de la Mode (ESMOD) dan lulus dengannilai cum laude

Padamulanyabisnis di bidangbusana yang diembannyadidirikanolehkedua orang tua Dian padatahun 1991 yang jugamerupakantahunkelahiran Dian. Ada tebersit di dalampikiranibundadanayahandanyabahwabisnisinisebaiknyadiberinama Dian sebabusahainikelakakanditeruskanolehnyasaatdewasa. Karenabusananyasebagianbesarmenggunakanteknik “jumputan” yakniteknikwarna-warnikhas Palembang yang istilahlainnyaadalahPelangi, makaistilahPelangidiambiluntukmelengkapinamabisnisinimenjadi Dian Pelangi.
Walaupun model kain yang dihasilkantermasukkategori modern, nilai rasa khastradisional Indonesia pun tidakserta-mertadilupakanbegitusaja.Jikaditelisiklebihlanjut, detilkainrancangan Dian Pelangiinikentalakancorak batik dansongket. GabunganinisengajamenjadipilihankarenasehubunganayahandaketurunanPekalongandanibundaketurunan Palembang.
Seiringdenganberjalannyawaktu, Dian yang sudah lulus darisekolah fashion ESMOD ketikaberumur 18 tahunsudahmampumenjadiperancangutama (main designer) di butik Dian Pelangi. Karenamemilikijiwaanakmuda, fresh, dan colorful, Dian diterimamenjadianggotaAsosiasiPerancangPengusahaMuda Indonesia dandipilihdalam Jakarta Fashion Week 2009.Di sinilahcikalbakal Dian Pelangidikenalolehbanyak orang.
Untukmeningkatkankesadaran orang banyakakannama Dian Pelangi, wanita yang bernamalengkap Dian WahyuUtamiinibersama-samadengansuamidan orang tuanyasenantiasamenjalinsilaturahimdenganpemerintahnegara Indonesia khususnyakepadaKementerianPariwisatadanEkonomiKreatif (Kemenparekraf) RI, Dian Pelangiseringmendapattawarandanajakanuntukmemamerkankaryanya di luarnegarasepertiPrancis, Qatar, Sudan, Jordan, Malaysia, Singapura, danmasihbanyaklagi. Bahkantanggal 26 September 2014 nanti Dian diundungdalamacara DC Fashion Week di Washington DC yang masihadakaitannyadenganacarasebelumnyayaknipemilihanbakatbekerjasamadengansalahsatu media swasta di Indonesia.
Dian Pelangisaatinisudahmemiliki 16 cabang yang tersebar di Indonesia termasuk 1 cabangnyaberada di Malaysia.Untukdapatmengembangkandanmempertahankanprestasibisnisnya, Dian Pelangimemilikitimmuda yang kreatif, giat, dansungguh-sungguh. Banyakupaya yang adadalamusahaini di antaranyapertamaupaya agar Dian Pelangimenjadipemimpindalambisnisbusanamuslimdengansyarat model yang unik/ khassehinggasetiap orang yang melihatkaryanyaakanotomatisterucap “Inipasti fashion Dian Pelangi”. Kedua, bisnisnyaikutmendukungmelestarikanwarisansenitradisional Indonesia.Hal initampakbetuldaricorak batik, jumputan, dansongket di setiaprancangannya.Ketiga, memperluasjaringanpemasarandenganmemanfaatkan media sosialseperti Facebook, Twitter, danInstagram yang selamainiterbuktilangsungbersentuhandengankhalayakramai.Media sosialjugadijadikanoleh Dian Pelangisebagaijembatanuntukmemahamiaspirasisepertikritikdan saran dariparapeminatbusana Dian Pelangi.Dan yang terakhiradalahpengelolaankeuanganusahasecaratepatuntukmeminimalisasikesalahansekaligusefisiensiwaktudalammengambilkeputusanbisnis.

Dari uraian di ataskitabisaambilpelajaranberhargasekaligusmenjadiinspirasikesuksesanuntukkitasepertiberikutini:
1.   Menjadipengusahatidakharusselalumemilikiumur yang matang (mature) tetapi yang diperlukanadalahkemampuandankesungguhan yang terus-menerusdalammerintisusaha.
2.   Kerjakompakdalamtimharusselaluditerapkan. Ingatpepatahberatsamadipikul, ringansamadijinjing.
3.   Selalujalinjaringankerja (network) denganpihakluaruntukmelakukankerjasama, penajaan (sponsorship), dll.
4.   Buatseunikmungkinkaryamusehingga orang lainakanotomatistersadarbahwaapa yang merekalihatadalahkaryamu.
5.   Manfaatkaninternetuntukmenembuspangsapasar yang lebihluas. Media sosialmenjadialatampuhdalamperluasanpemasaransekaligussebagaialatuntukmelihatlangsungaspirasipelanggan.

Dian Pelangidisebutsebagai Entrepreneur karena :
-          Karenaiamemilikibakatsebagaidesainer yang menurundariorangtuanya yang kemudianiakembangkansayapbutikdianpelangidanjugadenganbanyaknyaprestasi yang sudahiaraihsebagaiseorang entrepreneur dandesainer.
-          Dian Pelangisangatgigihuntukbelajardanmencobamengenalkanproduknyakepadamasyarakatmancanegaradantaklupaiatakmelupakancirikhaskaryanya yang tidakdimilikiolehdesainer lain denganteknikjumputannya.

Karakteristik Entrepreneur yang dimilikiolehDian Pelangi :
Kesamaansayadengan Dian Pelangiadalahsayajugamemilikitekad yang samaseperti Dian Pelangiuntukmelanjutkandanmemperluasusaha yang dimilikiolehorangtuasaya agar kelakdapatberkembangmenjadilebihbaikdarisekarang. 

 (Putri Sekar Melati)
 

0 komentar:

Posting Komentar